BELAJAR AL QUR'AN ONLINE

Monday, March 25, 2013

Qalqalah

Pada materi sebelumnya kita sudah membahas tentang materi   Hukum-Ra, selanjutnya marilah kita membahas tentang hukum Qalqalah seperti uraian berikut ini:


Qalqalah (ﻗﻠﻘﻠﻪ) adalah bacaan pada huruf-huruf qalqalah dengan bunyi seakan-akan berdetik atau memantul. Huruf qalqalah ada lima yaitu qaf (ق), tha ), ba’ (ب), jim (ج), dan dal (د). Qalqalah terbagi menjadi dua jenis:

1. Qalqalah kecil 
yaitu apabila salah satu daripada huruf qalqalah itu berbaris mati dan baris matinya adalah asli karena harakat sukun dan bukan karena waqaf.
Contoh:
ﻴَﻄْﻤَﻌُﻮﻥَ, ﻴَﺪْﻋُﻮﻥَ

2. Qalqalah besar 
yaitu apabila salah satu daripada huruf qalqalah itu dimatikan karena waqaf atau berhenti. Dalam keadaan ini, qalqalah dilakukan apabila bacaan diwaqafkan tetapi tidak diqalqalahkan apabila bacaan diteruskan.
Contoh: 
ٱﻟْﻔَﻟَﻖِ, ﻋَﻟَﻖٍ

Demikianlah pembahasan materi Qalqalah, selanjutnya ikutilah pembahasan materi tentang hukum Waqaf.



Penting: 
Carilah GURU yang benar yg sudah dahulu Dalam Ilmu dan Pengalamannya yang mau menyampaikan itu Karena PERINTAH ALLAH,  agar kita bisa ditegur bila salah dalam pemakaiannya

 *******************************************************************************************************************************
Dan Kami naikkan (tinggikan) sebutan (nama) mu. (sehingga sebutan namamu selalu disebut di samping nama Allah dalam dua kalimat syahada).( Sr Insyrah 4)
********************************************************************************************************************************